PEWARNA ALAM DAUN JATI (TECTONA GRANDIS) DAN BUNGA KENIKIR (COSMOSCAUDATUS) PADA BAHAN KATUN MENGGUNAKAN MORDAN TUNJUNG SERTA IMPLEMENTASINYA DENGAN TEKNIK ECO PRINT

Nadia Anggraina(1*),

(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini adalah tentang pewarnaan alam dengan Daun Jati dan Bunga Kenikir sertaimplementasinya pada Eco Print. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data yangdigunakan adalah data primer yang bersumber dari 15 orang panelis, kemudian data yangterkumpul diolah secara kuantitatif dan dianalisis dengan menggunakan Uji Friedmand KRelated sampel dan persentase menggunakan SPSS ( Statistical Product and Service Solution)versi 21.0. Penulis melakukan eksperimen pencelupan ekstrak Daun Jati dengan Eco PrintDaun Jati dan pencelupan ekstrak Bunga Kenikir dengan Eco Print Bunga Kenikir denganperbandingan 1:10 menggunakan Mordan Tunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) pencelupan bahan katun dengan ekstrak Daun Jati menghasilkan warna cannary yellow. 2)pencelupan Bunga Kenikir menghasilkan warna soft brown. 3) Intensitas warna (chroma) daripencelupan ekstrak Daun Jati mengasilkan warna cerah. 4) Intensitas warna (chroma) dariEco Print Daun Jati menghasilkan warna yang kurang cerah. 5) Intensitas warna (chroma)dari pencelupan Bunga Kenikir menghasilkan warna yang kurang cerah. 6) Intensitas warna(chroma) dari Eco Print Bunga Kenikir menghasilkan warna yang cerah.

Keywords

Pewarna alam, Daun Jati, Bunga Kenikir, Mordan Tunjung, Eco Print

References

Siregar, E. B. M. (2005). Pencemaran udara, respon tanaman dan pengaruhnya pada manusia. Murtinah, V., Marjenah, A. R., & Ruhiyat, D. (2015). Pertumbuhan hutan tanaman jati (Tectona grandis Linn. F.) di Kalimantan Timur. AGRIFOR, 14(2), 287-292. Hariana, A. (2005). Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Penebar swadaya. Harborne, J. B. (1987). Chemical signals in the ecosystem. Annals of Botany, 39-57. Fitrihana, N. (2007). Teknik eksplorasi zat pewarna alam dari tanaman di sekitar kita untuk pencelupan bahan tekstil. Tidak diterbitkan: LPM UNY Nintasari, R., & Amaliyah, D. M. (2016). Ektraksi Zat Warna Alam dari Kayu Ulin (Eusideroxylon Zwageri), Kayu Secang (Caesalpinia Sp) dan Kayu Mengkudu (Morinda Citrifolia) untuk Bahan Warna Kain Sasirangan. Jurnal Riset Industri Hasil Hutan, 8(1), 25-32.




Article Metrics

Abstract View : 345 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nadia Anggraina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.