TEKNIK DAN PRODUK RAJUTAN DI DES RAJUTAN DESA MARUNGGI KOTA PARIAMAN

Tesia Darma(1*), Agusti Efi(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sebab Bu Desminar selaku pemilik usaha Des rajutan beserta pengrajin tidak mengetahui nama teknik rajut yang digunakan berdasarkan katalog yang ada. Bu Desminar beserta pengrajinya memberi nama sendiri teknik rajut yang mereka gunakan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  dan memberitahukan tentang teknik rajut apa saja yang digunakan di usaha Des Rajutan berdasarkan katalog rajutan, meliputi nama teknik rajut yang digunakan, proses pembuatan dan produk rajutan yang dihasilkan di usaha Des Rajutan, Desa Marunggi Kota Pariaman.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan nama teknik rajut, pembuatan masing-masing teknik rajut dan produk rajutan yang dihasilkan di usaha Des Rajutan, Desa Marunggi Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan  metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik  analisis interaktif yang berkaitan dengan permasalahan yang menjadi pokok pada penelitian ini.

Hasil dari penelitian ini yaitu (1) nama teknik rajut yang digunakan di Des Rajutan diberi nama sendiri oleh Bu Desminar selaku pemilik usaha Des Rajutan. Setelah melakukan penelitian berikut merupakan nama teknik rajut yang digunakan oleh Bu Desminar dan berdasarkan katalog, (a) simpul kunci, pada katalog disebut simpul awal (slip knot) (b) simpul rantai, pada katalog disebut tusuk rantai (chain) (c) simpul anyaman rapek, pada katalog disebut tusuk tunggal (single crochet) (d) simpul tonggak, pada katalog disebut tusuk setengah ganda (half double crochet) (e) simpul tonggak, pada katalog disebut tusuk ganda (double crochet) (f) simpul tonggak tinggi, pada katalog disebut tusuk tripel (triple crochet) (g) simpul anggur iduik, pada katalog disebut tusuk popcorn. (2) Proses pembuatan masing-masing teknik rajut pada Des Rajutan sama dengan proses pembuatan rajutan pada umumnya, yang berbeda hanyalah nama yang biasa digunakan untuk penyebutan masing-masing teknik rajut. (3) Produk rajutan yang dihasilkan di usaha Des Rajutan beraneka ragam diantaranya (a) alas meja (b) sarung bantal kursi (c) alas piring dan gelas (d) tas dan dompet (e) sarung galon (f) sarung botol minum (g) sarung tempat tisu (h) pakaian (i) syal (j) peci (k) sarung toples dan (l) bros .


Keywords

Teknik, Produk, Rajutan dan Des Rajutan

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 88 times
PDF : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tesia Darma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.