HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN CUSTOM MADE SMK NEGERI 1 SAWAHLUNTO SAAT COVID -19

Gusti Fatimah(1*), Sri Zulfia Novrita(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian yang dilakukan berdasarkan dari masalah yang muncul dalam dunia pendidikan akibat covid-19, dimana siswa seharusnya dapat belajar di dalam kelas, namun pada masa new normal ini sepenuhnya siswa tidak belajar di dalam kelas, akibatnya motivasi ekstrinsik siswa menurun, sehingga menurun prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif deskriptif korelasi. Populasi diambil dari seluruh peserta didik kelas XI Tata Busana pelajaran Costum Made  33 siswa. Sampel yang digunakan adalah total sampling. Pengambilan data mengunakan cara kuesioner dengan menggunakan skala Liker yang sudah diujikan kevaliditas dan kereliabilitasnya. Teknik analisis menggunakan deskriptif serta analisis korelasi menggunakan rumus dan perhitungan manual dan SPSS. Hasil penelitian menujukan nilai Motivasi belajar ektrinsik siswa berada pada kategori baik sebesar 78%. Prestasi belajar siswa berada pada kategori cukup sebesar 70%. Hasil nilai sig sebesar (p value= 0,000)  menggunakan signya 0,05 artinya 0.00 ≤ 0,05 dari perhitungan r hitung di dapatkan hasil 0,533 sedangkan r table 0,344 yang artinya r hitung ≥ r table. Pada motivasi belajar ektrinsik terhadap prestasi siswa memiliki hubungan yang kuat. Koefisein determinan R2 sebesar 0,284 atau 28%, sedangkan lainnya terpengaruh dari variable lain diluar penelitian ini.


Keywords

Motivasi Ekstrinsik, Costum Made, Korelasi.

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 50 times
PDF : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gusti - Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.