FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI TP. 2019/2020 PADA MATA PELAJARAN BATIK DI SMK NEGERI 4 PARIAMAN

Dica Hanifa(1*),

(1) Universitas negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh sikap siswa terhadap belajaryang menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran batik. Seberapa besarkahpengaruh motivasi belajar yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran batik.Seberapa besarkah pengaruh rasa percaya diri siswa yang menyebabkan kesulitan belajar dalammengikuti mata pelajaran batik. Seberapa besarkah pengaruh kebiasaan belajarsiswa yangmenyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran batik siswa SMK Negeri 4 Pariaman.Jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yangbersumber dari 26 orang siswa, kemudian data yang terkumpul diolah dan dianalisis secara deskriptifmenggunakan analisis perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswakelas XI TP. 2029/2020 terhadap pembelajaran batik di SMK N 4 Pariaman sebagian besarmempengaruhi kesulitan belajar (80%). Sebagian besar (61,5%) motivasi belajar siswa kelas XI TP.2019/2020 tidak terlalu mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran batik di SMK N 4Pariaman. Rasa percaya diri siswa kelas XI TP.2019/2020 sebagian besar (57,6%) mempengaruhikesulitan belajar pada mata pelajaran batik di SMK N 4 Pariaman. Kebiasaan belajar siswa kelas XITP. 2019/2020 sebagian besar (73,1%) mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran batik diSMK N 4 Pariaman

Keywords

sikap, motivasi, rasa percaya diri, kebiasaan belajar, kesulitan belajar

References

Agustina, Lisa dan Ghullam Hamdu. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12, No.1. A.M, Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Aunurrahman.2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:CV. Alfabeta. Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Nurialinda. 2014. Analisis Tentang Kepercayaan Diri Siswa Kelas 6 Sd Gugus Teratai Putih Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2013/2014. (Skripsi) diakses 25 Agustus 2020, dari https://media.neliti.com/media/publications/206166-analisis-tentang kepercayaan-diri- siswa.pdf. Sari, R. L. A. 2017. Analisis Faktor Atas Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ekonomi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) Kelas X IPS Semester Gasal Di Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. (Skripsi) diakses 3 Februari 2020, dari uny.ac.id: https://eprints.uny.ac.id/51083/1/SKRIPSI%20%28Rulli%20Lovita%20- %2013804241018%29.pdf. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Suryana. 2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Uno, H. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi.




Article Metrics

Abstract View : 215 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dica Hanifa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.