FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PESERTA PELATIHAN DI KEJURUAN GARMEN APPAREL BALAI LATIHAN KERJA PADANG

Surung Welyu Darlia(1*), Sri Zulfia Novrita(2),

(1) UNP
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitiann inin dilatarbelakangin oleh permasalahan1 yang menyebabkan kesulitan belajar peserta pelatihan yang dilihat dari sikap peserta pelatihan yang tidak serius dalam mengikuti pelatihan, minat dan motivasi yang kurang menyebabkan peserta kesulitan dalam proses pembelajaran yang diberikan instruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap belajar, minat belajar dan motivasi belajar peserta pelatihan di Kejuruan Garmen Apparel Balai Latihan Kerja Padang. Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasii dalami penelitiani ini adalahi pesertai pelatihani Kejuruan Garmen Apparel Balai Latihani Kerja Padang dengani jumlahi 32 orang. JenisI dataI berupaI dataI primerI danI data sekunder.. TeknikI sampel yangI digunakanI yaitu totalI sampling,, sehinggaI semuaI anggotaI populasi dijadikanI sampelI dalam penelitian ini.  Berlandaskan hasil penelitian yang diperoleh bahwa 1) Gambaran faktor-faktor kesulitan belajar peserta pelatihan di Kejuruan Garmen Apparel Balai Pelatihan Kerja Padang terlihat secara keseluruhan skor rata-rata sikap belajar adalah 3,13 dengan kategori cukup baik., 2) Gambaran faktor-faktor kesulitan belajar peserta pelatihan di Kejuruan Garmen Apparel Balai Pelatihan Kerja Padang terlihat secara keseluruhan skor rata-rata minat belajar adalah 2,43 dengan kategori kurang baik.  3) Gambaran faktor-faktor kesulitan belajar peserta pelatihan di Kejuruan Garmen Apparel Balai Pelatihan Kerja Padang terlihat secara keseluruhan skor rata-rata motivasi belajar adalah 2,93 dengan kategori cukup baik. 


Keywords

Faktor-faktor Kesulitani Belajari



Article Metrics

Abstract View : 55 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Surung Welyu Darlia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.