PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA BUSANA COSTUM MADE

Debi Novita(1*), Sri Zulfia Novrita(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Riset ini memiliki latar belakang persepsi siswa mengenai media pembelajaran yang dipakai saat daring kurang efektif, mulai dari tampilan media yang kurang menarik, hingga kurangnya kemudahan dalam memahami materi, serta akses media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa Jurusan Tata Busana di SMK N 2 Bukittinggi mengenai media yang dipakai pada pembelajaran daring saat pandemi COVID-19 pada Busana Costum Made. Jenis riset ini adalah kuantitatif secara deskriptif. Terdapat 35 orang sebagai populasi yang merupakan siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 2 Bukittinggi yang sudah belajar Busana Costum Made pada kelas XI. Pengambilan sampel penelitian ini yaitu dengan cara total sampling untuk mendapatkan persepsi siswa tentang media pembelajaran dalam jaringan saat pandemi COVID-19. Angket digunakan sebagai instrumen pada penelitian ini. Data hasil riset diuraikan menggunakan uraian kuantitatif secara deskriptif dengan melihat persentase yang diperoleh. Dari analisis data, diperoleh hasil mengenai persepsi siswa terhadap tampilan media, kemudahan dalam memehami materi, dan kemudahan akses media pembelajaran daring berada pada kategori tidak baik. Hal ini digambarkan dari perolehan skor standar deviasi pada tampilan media yaitu 54,8%, kemudahan dalam memahami materi 57,6%, dan kemudahan akses 57,6%.


Keywords

Pembelajaran daring, Persepsi, Tampilan media

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 64 times
PDF : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Debi - Novita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.