PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN BUSANA MENGGUNAKAN IBIS PAINT X UNTUK SMKN 3 KOTA SOLOK
(1) UNIVERSITAS NEGERI PADANG
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Riset ini berguna untuk: 1) memahami langkah-langkah penggunaan ibis paint x dalam pengembangan media pembelajaran mendesain busana yang siap di gunakan di sekolah ; 2) mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran mendesain busana menggunakan ibis paint x sebagai media dalam pembelajaran disekolah; 3) melihat tanggapan siswa sesudah memakai media pembelajaran mendesain busana setelah melakukan praktek secara langsung. Riset ini adalah (R&D) atau penelitian Research and Development dengan tahapan yang di ambil dari metode Borg and Gall dan William W. Lee & Diana L. Owen. Langkah- langkah untuk riset kali ini mencakup urutan peninjauan keperluan riset, urutan penyususnan rancangan,urutan pengembangann, urutan praktek secara langsung dan memperkenalkan produk dalam cakupan tertentu. riset ini mengikut sertakan 2 validator untuk materi, 2 validator untuk media, 2 GuruTata Busana SMK, dan 24 siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Kota Solok. Angket merupakan intrumen yang di gunakan dalam riset kali ini dan analisis deskriptif sebagai Tenik analisisnya, data yang di kumpulkan berupa bentuk uraian masukan dari validator serta hasil data tersebut yang berikutnya dijadikan nilai dengan skor angka dan persentase. Kesimpulan riset ini nantinya menunjukan 1) langkah dalam meningkatkan sarana pembelajran mendesain busana menggukan ibis paint x memakai 5 langkah urutan pengembangan; 2) sarana pembelajaran ini dapat dipakai pada kegiatan belajar mendesain busana di kelas dengan penilian amat valid dilihat dari segi pembelajaran, kesesuain kelayakan, bahasa, penampilan materi, manfaat dan keefektifan. Hasil pengamatan dan penilaian dari validator untuk media (95%), validator untuk materi (93%), guru (95%); 3) masukan siswa tentang media pembelajaran mendesain busana menggunakan ibis paint x menyatakan bahwa pada kriteria yang sangat valid dengan rata-rata persentase88%.
Keywords
Article Metrics
Abstract View : 522 timesPDF : 121 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Anita - Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.