KESEUAIAN POLA PANTALON SISTEM HELEN JOSEPH ARMSTRONG PADA LELAKI DEWASA BERTUBUH PROPOSIONAL INDONESIA

Fathia Desti Cahyani(1*), Adriani Adriani(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Pantalon merupakan celana panjang yang dikenakan laki-laki yang panjangnya semata kaki atau lebih dan dapat menimbulkan kesan tegas dan maskulin pada saat dipakai, oleh karena itu diperlukan pola yang tepat untuk dapat menghasilkan pola yang bagus. Penelitian ini menggunakan sistem pola Helen Joseph Armstrong yang berasal dari Amerika. Penelitian inibertujuan untuk mendefenisikan kekurangan, cara mengoreksi  kekurangan dan persamaan pola pantalon sistem Armstrong pada lelaki  dewasa bertubuh proposional Indonesia.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan. Objek  penelitian yaitu pola pantalon sistem Helen Joseph Armstrong yang diujicobakan pada bentuk tubuhproposional lelaki  dewasa Indonesia. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisioner. Penilaian dilakukan oleh 5 orang panelis yaitu Tailor di kota Padang dengan cara fitting. Teknik analisis data yang digunakan adalah  statistik deskriptif.

            Penelitian ini menjelaskan bahwa pola pantalon sistem Armstrong terdapat kekurangan. Dari segi ukuran yang dibutuhkan kelemahannya yaitu ukuran panjang pantalon yang berlebih 3cm , perlu tambahan ukuran lebar lutut dan ukuran lebar ujung kaki celana. Sedangkan dari segi pembuatan pola sistem Armstrong kelemahannya terdapat pada garis pola bagian pesak yang menjadikan pesak berkerut dan berlebih. Persamaan  pola pantalon sistem Helen Joseph Armstrong pada bentuk tubuh proposional lelaki  Indonesia didapatkan bentuk pola baru yang telah disesuaikan, sehingga pola ini sudah sesuai dengan lelaki  dewasa bertubuh proposional Indonesia.


Keywords

Kata kunci : Kesamaan n, Pola pantalon sistem Helen Joseph Armstrong, Lelaki bertubuh Proposional Indonesia

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 81 times
PDF : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fathia Desti Cahyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.