PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODBOARD MENGGUNAKAN KOMPUTER PADA MATA KULIAH DESAIN BUSANA MAHASISWA TATA BUSANA JURUSAN IKK FPP UNP

Bevi Fenti Okma(1*),

(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengatasi permasalahan mahasiswa dalam perkuliahan Desain Busana pada pembuatan desain yaitu dalam mencari sumber ide untuk pembuatan desain busana. Adanya kesulitan mahasiswa dalam mencari sumber ide untuk pembuatan desain maka diperlukan pengembangan media pembelajaran Moodbord desain busana menggunakan komputer sebagai papan inspirasi bagi mahasiswa dalam membuat desain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Moodborad dengan menggunakan komputer untuk mata kuliah desain busana, mendeskripsikan validitas media pembelajaran MoodBoard dengan komputer pada mata kuliah Desain Busana, mendeskripsikan praktikalitas media pembelajaran MoodBoard dengan komputer pada mata kuliah Desain Busana. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dikenal dengan istilah Research and Development (R & D). Prosedur penelitian terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan) dan develope (pengembangan). Data diperoleh dari uji validitas, uji praktikalitas mahasiswa kelompok kecil, kelompok besar serta dosen pembimbing mata kuliah Desain Busana. Uji validitas kepada empat orang validator, uji praktikalitas kecil 10 mahasiswa, kelompok besar 40 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing mata kuliah Desain Busana. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh skor 87.5% dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil didapatkan skor 85.4 % dikategorikan sangat praktis, kelompok besar 86.05% dikategorikan sangat praktis dan uji praktikalitas dosen pembimbing mata kuliah didapatkan skor 93.3% dikategorikan sangat praktis. Moodbord ini berada dalam kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords

Media Pembelajaran, Moodboard, Desain Busana

References

Angraeni Nurul. (2015). judul Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash Cs5 Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2006). Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Fanny, A. (2009). Penembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan pendekatan inquiry di kelas VIII MTs Negeri 2 Surabaya sub pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma dan limas. Jurusana Pendidikan matematika fakultas tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Iin Karmila. (2015). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI POLA BUSANA DI JURUSAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Universitas Negeri Padang.

Kartikasari, D. (2020). Pengembangan E-Modul membuat desain busana menggunakan adobe Photoshop pada mata kuliah Computer Design bagi mahasiswa Tata Busana Jurusan IKK FPP UNP. Skripsi Universitas Negeri Padang.

Khasanah, N. (2019). Pengembangan Media Moodborad Pada Desain Busana Lanjut Prodi Pendidikan Busana Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Muh Farozin, Budi Astuti, E. I. (2013). Pengembangan Materi Bimbingan Klasikal Berbasis Kebutuhan Untuk Meningkatkan Aplikasi Motivasi Belajar Bagi Siswa SMP.

Suciati. (2008). Moodboard. Prodi Pendidikan Tata Busana. Universitas Pendidikan Indonesia.




Article Metrics

Abstract View : 332 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bevi Fenti Okma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.