PENGEMBANGAN MODUL TEKNOLOGI BUSANASEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA TATA BUSANA JURUSAN IKK FPP UNP

Melania Asri(1*),

(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan mahasiswa dalamperkuliahan Teknologi Busana pada materi Teknik Dasar Membentuk ModelPakaian. Adanya kesulitan mahasiswa dalam membuat Teknik Dasar Membentuk Model Pakaian dalam bentuk fragmen. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Data diperoleh dari uji validitas, uji praktikalitas mahasiswa kelompok kecil , kelompok besar serta dosen pembimbing mata kuliah Teknologi Busana. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh skor 4,49 dikategorikan valid. Hasil uji praktikalitas kepada mahasiswa kelompok kecil didapat skor 82,50% dikategorikan sangat praktis, kelompok besar didapat skor 87,98% dikategorikan sangat praktis dan dosen pembimbing mata kuliah didapatkan skor 93,33% dikategorikan sangat praktis. Modul berada dalam kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords

Pengembangan, Modul, Teknologi Busana

References

Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arief S. Sadiman. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ernawati, dkk. 2008. Tata Busana Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan .

Dewi Afrianti. 2015. Skripsi Pengembangan Modul Aplikasi Komputer Dalam Mendesain Ragam Hias Menggunakan Program Coreldraw X4 Untuk Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Keluarga. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang.

Hamdunah. 2015. Jurnal Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Webstie Pada materi Lingkaran dan Bola. Program Studi Pendidikan Matematika: STKIP PGRI SUMBAR.




Article Metrics

Abstract View : 114 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Melania Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.