Pengembangan Modul Bordir Komputer dengan Program WILCOM ES 2006 Mata Kuliah Embroidery Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Nurul Aflah(1*),

(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Modul Bordir Komputer dengan Program WILCOM ES 2006 Mata Kuliah Embroidery Jurusan IKK FPP UNP. Selain itu juga bertujuan mengetahui kelayakan validitas, praktikalitas dan efcktivitas media. Subjck penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PKK konsentrasi Tata Busana yang sedang mengambil mata kuliah Embroidery pada semester Januari-Juni 2017. Metode penelitian adalah 4D (four-D) yang terdiri dari define, design, develop. desseminate. Namun tahap desseminate tidak digunakan karcna mengingat keterbatasan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan penyajian persentase. Hasil penelitian ini adalah kelayakan media dengan perolehan uji validitas 92,36% dengan kategori sangat valid, perolehan uji praktikalitas 87,97% dengan kategori sangat praktis dan perolchan uji efektivitas modul menunjukkan terjadi penurunan persentase jumlah mahasiswa yang memperoleh skor di bawah KKM dari 76,2% menjadi 4,8% dan jumlah mahasiswa dengan skor KKM meningkat dari 23,8% menjadi 95,2% dengan kategori sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa Modul Bordir Komputer dengan Program WILCOM ES 2006 layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Embroidery. Kata kunci : Media Pembelajaran, Embroidery, Bordir Komputer, WILCOM ES 2006.

Keywords

Learning Media, Embroidery, Embroidery Computer, WILCOM ES 2006

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Gava Media:Yogyakarta

_________2013. Menyusun Modul:Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Teknik Penyusunan Modul.

Hamalik,Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara

Nelmira, Weni. 2014. Pengetahuan Dasar Bordir. Padang. UNP Press

Putra, Nusa. 2011. Reasearch and Development. Jakarta: Rajawali Pers

Riduwan.2010. Belajar Mudah Penulisan Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:Alfabeta

Rochmad. 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Jurusan FMIPA UNNES. Matematika. (http://blog.unnes.ac.id/rochmad/files/2011/03/Desain-Model-Pengembangan.pdf diakses 30 Juli 2017).




Article Metrics

Abstract View : 88 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurul Aflah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.