PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SULAMAN PITA MATA KULIAH MENGHIAS BUSANA MAHASISWA ILMU KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Eza Elvina(1*),

(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa bahan ajar pada mata kuliah menghias busana Jurusan IKK FPP UNP. Selain itu penelitian ini juga bertujuan mengetahui validitas dan praktikalitas bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D (four-D) yang terdiri dari define, design, develop, desseminate. Namun dalam penelitian ini desseminate tidak digunakan karena mengingat keterbatasan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, uji validitas bahan ajar oleh validator diperoleh skor rata-rata 4,35 dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas yang dilakukan kepada dosen dan mahasiswa diperoleh 85% dengan kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan sebagai media pembelajaran sulaman pita mata kuliah menghias busana Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga konsentrasi Pendidikan Tata Busana

Keywords

Bahan ajar, Sulaman pita, Valid dan Praktis

References

Arief S. Sadiman. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dewi Afrianti. 2015. Skripsi Pengembangan Bahan ajar Aplikasi Komputer Dalam Mendesain Ragam Hias Menggunakan Program Coreldraw X4 Untuk Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Keluarga. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang.

Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA

Hamdunah. 2015. Jurnal Praktikalitas Pengembangan Bahan ajar Kontruktivisme dan Webstie Pada materi Lingkaran dan Bola. Program Studi Pendidikan Matematika: STKIP PGRI SUMBAR.

Megayasni Anaperta. 2015. Jurnal Praktikalitas Bahan ajar Fisika SMA Berbasis Model Pembelajarangeneratif pada Materi Listrik Dinamis Terintegrasi Kelistrikan Jantung. Prodi Fisika: STKIP PGRI Sumatera Barat.




Article Metrics

Abstract View : 116 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eza Elvina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.