Makna Pakaian Pengantin Wanita Tradisional Pariaman Di Kota Pariaman

Elisa Balqis(1*),

(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pergeseran makna yang terkandung dı dalam pakaian adat tradisional yang disebabkan oleh budaya baru yang masuk terutama pada segi makna pakaian pengantin wanita tradisional Pariaman di Kota Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagian-bagian dan makna pakaian pengantin wanita tradisional Pariaman di Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan informan memakai teknik Purposive Sampling. Jenis data berupa data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu bagian- bagian pakaian pengantin wanita tradisional Pariaman terdiri dari baju kuruang basiba, tokah, kain balapak, suntiang gadang, selop kolom, serta perhiasan berupa kaluang, dan galang. Makna yang terkandung pada pakaian pengantin wanita tradisional Pariaman merupakan sebuah pedoman hidup bagi seorang istri dalam menjalankan kehidupan berumah tangga agar tercipta keluarga yang rukun, damai, dan harmonis.

Keywords

Makna, Pakaian Pengantin, Tradisional

References

Basir, Nazir dan Elly Kasim. 1997. Tata Cara Perkawinan Adat Istiadat Minangkabau. Jakarta: Elly Kasim Collection.

Ginting, Jonson Handrian. 2013. Motif-motif Tenun Pandai Sikek Sebagai Interprestasi Falsafah Alam Takambang Jadi Guru. (Online), Vol 4, No. 2, (https://wacanactnik.fib.unand.ac.id, di akses tanggal 18 April 2018).

Ibrahim, Anwar. 1985. Arti Lambang dan Fungsi Tata Rias Pengantin Dalam Menanamkan Nilai-nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat. Padang: Depdikbud.

Latief, CH. N. 2002. Etnis dan Adat Minangkabau Permasalahan dan Hari Kedepannya, Bandung: ANGKASA.




Article Metrics

Abstract View : 1183 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Elisa Balqis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.